'/> 4 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat Tk

Info Populer 2022

4 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat Tk

4 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat
Tk
4 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat
Tk

4 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat TK


 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat Taman Kanak-kanak 4 Metode Terbaik Cara Mengajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Pada Tingkat TK
Cara Membuka Pelajaran Dengan Bahasa Inggris Yang Menarik Pada Tingkat TK

 TK ( taman kanak-kanak ) yakni jenjang anak usia dini ( yaitu usia sekitar dibawah 6 tahun) dalam pendidikan formal (sekolah). Pada usia tersebut anak (young learner) masih dalam proses pemerolehan bahasa.  Menyampaikan pelajaran memakai cara yang menyenangkan, maka anak akan membantu gampang untuk menyerapnya.


Pembukaan atau kata lainnya yakni pre-teaching ( acara yang dilakukan sebelum memulai proses berguru mengajar ) sangat penting apa lagi  pembukaan yang menarik akan memudahkan guru memberikan bahan yang aka disampaikan, kerena anak sudah tertarik dan fokus dalam pelajaran yang nmenyenangkan. Pada kesempatan kali ini IBI akan menyampaikan ‘cara membuka pelajaran dengan bahasa inggris yang menarik pada tingkat TK’, mari kita simak.




Selain konten atau bahan ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan disiapkan sebelum mengajar anak di kelas pada tingkat TK, diantaranya adaalah”:



  • Kondisi kelas (murid)

  • Individu murid

  • Brainstorming

  • Pembukaan

  • Ice breaking (game edukatif)

  • Senyuman

  • Materi yang menarik

  • Alat bimbing (gambar, warna, benda dll)




Pembukaan pelajaran memakai Bahasa Inggris :


 




  1. Greeting (Sebelum memulai pembelajaran dilakukan Greeting /salam)




T  : “Good morning” ( selamat pagi )


S  : “Good morning” (selamat pagi)


(*jika tanggapan murid kurang semangat, maka ulangi. sebab hal tersebut sanggup menambah semangat murid)


T : ” how are you today?” (bagaimana kabarmu hari ini?)


S  : “fine, and you?”  (baik, dan anda?)


T  :” I’m fine too, thank you.(saya juga baik, terimakasih)




2. Pray (doa sebelum belajar)


T  :” Okay before we start study let’s pray together. Pray start.” . (Baiklah sebelum kita memulai pelajaran marilah kita berdoa bersama. doa dimulai.)


… berdoa…


T  : “Finish.” (selesai)




3.  Brainstorming


T   :” pada hari ini kita akan berguru wacana ‘color’, siapa yang sudah tahu ‘color’  itu apa?”


S  :  “saya bu ( mengangkat tangan), warna !”


T  : “iya betul sekali” “coba sebutkan warna-warna yang kalian kerahui”


S  : “yellow, red, green, blue” (kuning, merah, hijau, biru)


T  : “Bagus, nah kali ini ibu akan membagi kalian dalam tiga kelompok, kelompok yellow, red, blue, dan green”


… murid membentuk kelompok…




4. Ice Breaking (game)


T  : “agar kita tambah konsentrasi, sebelum keinti peljaran mari kita … game…”


S  : “yey.. game”


T  : “kita akan bermain ‘watermelon, banana, papaya, dan orange juice’,  yellow menjadi watermelon, red menjadi banana, green sebagai papaya, dan blue menjadi orange juice”


… game dimulai.. (setelah game selesai pribadi masuk ke inti pelajaran atau bahan / while-teaching ).




Itulah tadi penjelaan wacana cara membuka pelajaran dengan bahasa inggris yang menarik. poin terpenting pada ketika pembukaan(pre-teaching) yakni greeting, pray, brainstorming dan di akhiri dengan ice breaking sebelum memulai ke inti acara berguru mengajar ( while- teaching).


Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan.

-Saidina Ali bin Abi Talib-


-semoga bermanfaat :)-




Referensi dari IBI yang Menarik lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar