'/> Determiner : Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Pola Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Info Populer 2022

Determiner : Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Pola Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Determiner : Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Pola Kalimat Dalam Bahasa
Inggris
Determiner : Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Pola Kalimat Dalam Bahasa
Inggris

Determiner: Pengertian , Fungsi, Jenis, Dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris




Pada kesempatan ini IBI akan membahas wacana Determiner, mencangkup pengertian, jenis, dan teladan kalimatnya dalam bahasa inggris. Bagaimaana penjelasannya, mari kita simak bersama klarifikasi berikut ini.


 Dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris Determiner : Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris
Determiner: Pengertian , Fungsi, Jenis, Dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris

 






  1. Pengertian Determiner




apa yang dimaksud dengan Determiner? yang dimaksud dengan determiner yaitu kata atau kelompok kata yang ditempatkan di depan noun untuk membatasi makna noun tersebut. Di traditional grammar, determiner sering disebut limiting adjective, walaupun berbeda maknanya dengan adjective biasa. yang termasuk dalam determiner yaitu kata ibarat the, a, an, some, that, these, dan masih banyak lagi. Determiner muncul sebelum kata benda serta frase kata benda.




Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :





2. Fungsi Determiner


Adapun fungsi dari Determiner, yaitu untuk membatasi makna suatu noun atau memperjelas suatu noun. Contohnya kita ambil satu kalimat “I watch Movie”, pada kalimat tersebut tidak terang makna dari kata “Movie”. Berbeda bila ditambahkan determiner di depan kata “Movie” tersebut, Contohnya ibarat “I watch a Movie”. Kalimat tersebut terbaca lebih terang dari kalimat semula.




 3. Jenis Determiner



Ada beberapa jenis determiner yang sanggup kita ketahui, yaitu:



1. Artikel (a, an, dan the)


Articles yaitu kata yang digunakan dengan kata benda (noun) untuk menawarkan jenis tumpuan yang dibentuk oleh noun tersebut. Articles sendiri dibagi menjadi beberapa macam tetapi yang paling umum dibagi menjadi dua yaitu, Indefinite articles dan Definite article:



– Indefinite articles: a, an

Indefinite berarti sesuatu yang tidak tentu/sesuatu yang tidak pasti, atau sanggup dikatakan  masih umum dan belum spesifik, Pada bahasa Inggris, dua Indefinite articles ialah “a” & “an”. Penggunan “a” / “an” tergantung pada huruf pertama dari kata sehabis article tersebut.

Article “an” sanggup digunakan dikala kata berikutnya dimulai dengan vokal (a , e , i, o , u ) atau dengan h bisu, sedangkan Article “a” sanggup digunakan dikala kata berikutnya dimulai dengan konsonan, atau sebelum kata berawalan “u” & “eu” yang terdengar ibarat kata “you”.

contoh:



  • Tania ate a banana.

  • I have a new bag at home.


jika kita menyampaikan “a new bag” berarti lawan bicara anda tidak mengetahui majalah apa yang kita punya, karena pastinya banyak jenis majalah di rumah kita.



  • Definite article: the


Kata “the” merupkan salah satu kata yang paling umum digunakaan dalam bahasa Inggris. Definite article menawarkan bahwa suatu benda tertentu yang spesifik dan sanggup diidentifikasi oleh pembaca/pendengar. Definite article mungkin sanggup berupa sesuatu yang telah disebutkan, atau mungkin sesuatu yang ditentukan.

Contoh:


 – I love the boy.






2. Possessives


Possessives merupakan kata atau konstruksi gramatikal yang digunakan guna menawarkan hubungan kepemilikan dalam arti luas. Yang termasuk dalam possesives yaitu your, my, her, his, their, our, its.


Contoh kalimat yang memakai Possesives seagai berikut:



  • The man steal her heart

  • I didn’t saw his cousin yesterday.

  • This is your bag.

  • This is my boyfriend.

  • They found their house.

  • The cat cant reach its tail.




4. Quantifier


Quantifiers merupakan jenis determine yang menawarkan kuantitas.  Yang termasuk dalam quantifier yaitu A little, A few, much, many, some, any, each, every, a lot of, most, enough.


Contoh kalimat yang memakai quantifier:


  • Dewi has a lot of flowers that he need.

  • She has enough beverage for us.

  • Some people are sad after holiday.

  • I have many thing in here.




5. Distributives


Distributives digunakan untuk menawarkan sekelompok benda / orang / suatu bab (anggota) dari suatu kelompok. Kata-kata yang digunakan sebagai distributives ialah all, half, both, neither, either, every dan each.

Kata-kata tersebut menawarkan banyak sekali cara berbeda dalam melihat sesuatu / seseorang yang menjadi bab dalam suatu kelompok. Serta mengungkapkan bagaimana setiap bab dalam kelompok itu bersama-sama, menyebar atau terbagi.


Contoh kalimat yang menggunaka  kata Distriutives:



  • Every sunday I meet him

  • Both Luna and Sindy are her sister.

  • All people must come here.




6. Number/angka


Numerals Determiners merupakan anggota dari kelas kata (atau subclass of determiners) yang menunjuk pada angka (one, two, three, …)


Contoh kalimat:


  • There are ten students in the classroom.

  • Five  people was come to the seminar.

  • He was the one person to win the award.




7. Ordinal number/bilangan bertingkat


Ordinal number yaitu anggota dari kelas kata (atau subclass of determiners). Ordinal number merupakan nomor yang menyatakan sebuah tahapan, contohnya pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima dan seterusnya (1st, 2nd, 3rd, …).


Contoh kalimat:


  • He is my second brother

  • This is my first time

  • There are no second and third.




8. Interrogatives


Interrogatives juga merupakan anggota dari kelas kata (atau subclass of determiners). Yang termasuk kata interrogatives yaitu which, what, whose.


Contoh kalimat:


  • Tell me what you want

  • She forgot whose bag on the table.




Sekian klarifikasi kali ini materi wacana determiner, diatas sudah dibahas wacana pengertian, fungsi, jenis dan juga teladan kalimatnya. Semoga apa yang sudah dibahas sanggup bermanfaat dan sanggup menjadi materi berguru bahasa inggris sahabat IBI dimanapun berada.




“Tiada yang salah dengan perbedaan, yang salah hanyalah sudut pandang kita”


-Semangat berguru bahasa Inggris-


Advertisement

Iklan Sidebar