'/> Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Info Populer 2022

Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam
Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam
Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya




 Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

 


“explanation is a set of statements constructed to describe a set of facts which clarifies the causes, context, and consequences of those facts” ( serangkaian pernyataan yang dibangun untuk menggambarkan serangkaian fakta yang menjelaskan penyebab, konteks, dan konsekuensi dari fakta-fakta).


Pada Kesemptan kali ini IBI kan membahas wacana text dalam Bahasa Inggris, ada jenis English Text antara lain : Descriptive, Procedure, Narative, Recount, Report, Explanation, Analytical Exposition, Hortatory Exposition ,Procedure, Discussion, Review, Anecdote, Spoof,dan News Item. Tiap teks mempunyai tujuan dan struktur teks yang berbeda. Namun kali ini akan membahas khusus wacana pengertian, tujuan, ciri, generic structure, dan pola dari Explanation Text mari kita simak.






  1. Pengertian Explanation Text




Pada potongan ini kita akan membahas wacana pengertian Explanation Text . Apa yang dimaksud Explanation Text? Yang dimaksud dengan Explanation Text yakni teks yang dipakai untuk menandakan cara (proses) sesuatu terjadi, terutama yang berkaitan dengan fenomena alam, dunia ilmiah atau sosial budaya. Tujuan nya untuk memberitahu kepada pembaca atau pendengar bagaimana sesuatu itu terjadi. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.


 




2. Tujuan Explanation Text


Tujuan ExplanationText yaitu untuk menandakan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu atau acara yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan mengapa dan bagaimana hal tersebut sanggup terjadi.


 




3. Ciri-Ciri Explanation Text



  • Berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada

  • diangkat dari fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya, melainkan pada bencana atau bencana yang terjadi pada orang atau benda tersebut.

  •  Menggunakan  Simple Present Tense

  •  Menggunakan action verbs

  •  Menggunakan passive voice

  •  Menggunakan noun phrase

  •  Menggunakan adverbial phrase

  •  Menggunakan technical terms

  •  Menggunakan general and abstract noun

  •  Menggunakan conjunction of time and cause-effect.




4. Generic Structure Explanation Text



  • A general statement


Yaitu pengenalan suatu bencana yang akan kita ceritakan. Atau klarifikasi umum wacana bencana tersebut. Dalam general statement berisi wacana klarifikasi umum wacana fenomena yang akan dibahas, sanggup berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.


 



  • A sequenced of explanation


Yaitu klarifikasi mengapa dan bagaimana bencana itu terjadi. Dalam potongan ini penulis sanggup menulis lebih dari satu paragrap. A sequenced of explanation berisi wacana klarifikasi proses mengapa fenomena tersebut sanggup terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa tanggapan dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis saat menciptakan sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation sanggup terdiri lebih dari satu paragrap.


 



  • Closing


Yaitu epilog atau kesimpulan dari kisah tersebut. Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text yakni closing, padahal itu merupakan potongan dari squenced of explantaion yang berisi wacana langkah simpulan yang dijelaskan pada potongan squenced of explanation.


 




5. Contoh Explanation Text


A rainbow


A rainbow is a meteorological phenomenon that is caused by reflection, refraction and dispersion of light in water droplets resulting in a spectrum of light appearing in the sky. It takes the form of a multicoloured arc. Rainbows caused by sunlight always appear in the section of sky directly opposite the sun.


Rainbows can be full circles; however, the average observer sees only an arc formed by illuminated droplets above the ground, and centred on a line from the sun to the observer’s eye.


In a primary rainbow, the arc shows red on the outer part and violet on the inner side. This rainbow is caused by light being refracted when entering a droplet of water, then reflected inside on the back of the droplet and refracted again when leaving it.


In a double rainbow, a second arc is seen outside the primary arc, and has the order of its colors reversed, with red on the inner side of the arc.






Demikian klarifikasi tentang Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


 ” if we realize our position and know what we want to be achieved we exactly know what we have to do and how to get it”


-Abraham  Lincoln, 1865-


semangat belajar-




Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar