'/> Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan Hukum Dalam Bahasa Inggris

Info Populer 2022

Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan Hukum Dalam Bahasa Inggris

Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan Hukum Dalam Bahasa
Inggris
Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan Hukum Dalam Bahasa
Inggris

Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan  Aturan Dalam Bahasa Inggris




 adalah suatu bidang ilmu yang mengarah kepada study bahasa Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan Aturan Dalam Bahasa Inggris
Linguistic : Pengertian Phonology, Fungsi, Dan Aturan
Dalam Bahasa Inggris

Linguistics adalah suatu bidang ilmu yang mengarah kepada study bahasa. Linguistics sanggup di katakan sebagai hukum yang di gunakan dalam bahasa yang mengkaji semua wujud dan aturan-aturan dalam berbahasa, yang mana linguistics atau ilmu bahasa tersebut tidaklah tertumpu kepada satu bahasa saja, akan tetapi aneka macam macam ragam seni berbahasa di dunia ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu cabang linguistics yaitu Phonology, bagaimana pembahasannya? mari kita simak.




Apa yang dimaksud dengan Phonology?


Yang dimaksud dengan Phonology adalah cabang linguistik berkaitan dengan organisasi sistematis suara dalam bahasa. Itu telah secara tradisional berfokus pada studi sistem fonem khususnya bahasa (dan karena itu digunakan juga disebut fonemis, atau fonetik), tetapi juga mungkin menutupi setiap analisis linguistik baik pada tingkat di bawah kata (termasuk suku kata, onset dan rime, gerakan artikulasi, artikulasi fitur, Mora, dll) atau di semua tingkat bahasa mana suara dianggap terstruktur untuk menyampaikan makna linguistik.


Phonologyjuga mencakup studi sistem organisasi yang setara dalam bahasa isyarat.bagian dari ilmu bahasa yang mempelajari tata bunyi/kaidah bunyi dan cara menghasilkan. Phonology merupakan bab penting dari bunyi atau bunyi di dalam pengucapan bahasa.




Fungsi Phonology



  1. Untuk mengetahui perubahan bunyi bunyi pada suatu kata.

  2. Mempelajari ihwal proses pembentukan bunyi, penyampaian/ pengucapannya.

  3. Mempelajari cara kerja organ badan insan terutama yang bekerjasama dengan penggunaan bahasa.




Aturan Phonology


–          Phonetic


Phonetic mempelajari bagaimana sesuatu bunyi yang dihasilkan oleh insan disebut secara betul. Sedangkan fonologi ialah ilmu yang berdasarkan fonetik dan mempelajari sistem fonetika.


–          Alat ucap


Alat ucap ialah organ pada badan insan yang berfungsi dalam pengucapan bunyi bahasa. Organ-organ yang terlibat antara lain ialah paru-paru, laring, faring, rongga hidung, rongga mulut, bibir, gigi, lidah, alveolum, palatum, velum, dan uvula.


Alat ucap terbagi dua yaitu artikulator pasif dan artikulator aktif. Artikulator pasif ialah organ-organ yang tak bergerak sewaktu terjadi artikulasi bunyi menyerupai bibir atas, gigi atas dan alveolum. Artikulator aktif bergerak ke arah artikulator pasif untuk menghasilkan aneka macam bunyi bahasa dengan aneka macam cara. Artikulator aktif utama ialah lidah, uvula, dan rahang bawah (termasuk gigi bawah dan bibir bawah).


–          Proses fonasi


Fonasi atau proses bersuara adalah suatu proses di mana pita bunyi di tenggorokan menghasilkan bunyian dengan atau tanpa suara. Misalnya, konsonan ‘h’ dan ‘k’ dihasilkan tanpa getaran pita suara, alasannya ialah itu disebut bunyian tanpa suara. Bunyian vocal (a, i, u, e, o) dihasilkan dengan getaran pita suara, maka disebut bunyian bersuara.


–          Klasifikasi bahasa


Klasifikasi bahasa adalah  sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau berdasarkan beberapa hukum atau kaidah yang telah ditetapkan dalam mengelompokan bahasa.


–          Klasifikasi vocal


Klasifikasi vocal adalah  sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau berdasarkan beberapa hukum atau kaidah yang telah ditetapkan dalam mengelompokan vocal/suara .


–          Silabel


Silabel atau Suku kata ialah satu fonem atau lebih yang ditandai oleh satu puncak kenyaringan fonem yang terletak pada vokal.




Demikian yang sanggup IBI sampaikan agar sanggup bermanfaat dan menjadi tumpuan belajar.


-Semangat belajar-




 


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar