'/> Materi Bahasa Inggris Perihal Expressing Politeness Dan Contohnya

Info Populer 2022

Materi Bahasa Inggris Perihal Expressing Politeness Dan Contohnya

Materi Bahasa Inggris Perihal Expressing Politeness Dan Contohnya
Materi Bahasa Inggris Perihal Expressing Politeness Dan Contohnya

Materi Bahasa Inggris Tentang Expressing Politeness Dan Contohnya




Halo teman IBI…


Norma sopan santun yakni peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di banyak sekali tempat, lingkungan, atau waktu. Contoh-contoh norma sopan santun ialah: Menghormati orang yang lebih tua.


Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas perihal materi bahasa inggris mngeni expressing politeness atau mengekspresikan kesopana kepada seseorang. Langsung saja kita simak klarifikasi dan misalnya berikut ini.




Materi Bahasa Inggris Tentang Expressing Politeness Dan Contohnya Materi Bahasa Inggris Tentang Expressing Politeness Dan Contohnya
Materi Bahasa Inggris Tentang Expressing Politeness Dan Contohnya

Expressing Politeness


 Kesantunan berbahasa adalah kesopanan dan kehalusan dalam menggunakan bahasa saat berkomunikasi melalui lisan maupun tulisan. Bahasa yang dipakai penuh dengan adab tertib, sopan santun dan mengandungi nilai-nilai hormat yang tinggi.


Adapun beberpa kata yang dipakai dalam mengekspresikan politeness atau kesopanan, yaittu:




  • May



  • Would you like to



  • Could



  • Would you like to



  • Would you mind if



  • …………, please.



  • Could you please



  • Would you like



  • Could you please



  • Would you like to



  • May



  • Shall



  • Can



  • Shall



  • Would you care for





Contoh:




  • May I help you?

    (bolehkah saya membantumu?)



  • Would you like to help me?

    (bisakah kau membantuku?)



  • Could you pass the salt over there, please?

    (bisakah anda mengoper garam di sebelah sana tolong?)



  • Would you like to come to my house?

    (bisakah kau tiba ke rumahku?)



  • Would you mind if I sit here?

    (apa tidak apa apa bila saya duduk disini?)



  • Open the window, please.

    (buka jendelanya, tolong)



  • May I give you a hand?



  • (Bisakah saya membantumu?)



  • Shall I bring you a pillow?

    (haruskah saya membawakanmu bantal?)



  • Could you please move to another place?

    (bisakah kau tolong pindah ke daerah lain?)



  • Would you like a cup of tea?

    (maukah kau secangkir teh?)



  • Could you please tell me where is the post office ?

    (bisakah kau menunjukkan dimana kantor pos?)



  • Would you like to take the garbage outside please?

    (maukah kau membawa sampah keluar tolong?)



  • Can I do the dishes for you?

    (bisakah saya mencuci piring untukmu?)



  • Shall I help you with your project?

    (haruskah saya menolongmu dengan tugasmu?)



  • Would you care for another cup of tea?

    (maukah kau secangkir teh lagi?)





Response :


 

Accepting (Menerima)




  • Thank you. (terimakasih)

  • Yes, please. (ya tolong)

  • Thank you, it’s very kind of you (terimakasih, kau baik sekali)

  • I’d like it very much. (aku akan sangat menyukainya)

  • I’m pleased to do that. (aku bahagia melakukannya)

  • With Pleasure thank you. (dengan bahagia hati, terimakasih)

  • Yes please. I really appreciate it. (ya tolong, saya sangat menghargainya)

  • Yes, please, that would be lovely (ya tolong, itu akan sangat menyenangkan)



Declining (Menolak)



  • No thanks.(tidak terimakasih)

  • No thanks, I don’t need any help (tidak terimakasih, saya tidak membutuhkan bantuan)

  • Don’t worry, I will do it myself. (jangan khawatir, saya akan melakukannya sendiri)

  • I can’t, thanks anyway (aku tidak bisa, terimakasih)

  • No, I really won’t, thank you (tidak, saya tidak mau, terimakasih)

  • It’s okay, I can do it myself. (terimakasih, saya sanggup melakukannya sendiri)

  • No thank you. (tidak terimakasih)

  • That’s alright, I will manage it on my own. (tidak apa apa, saya akan melakukannya sendiri)






Demikian materi yang sanggup IBI sampaikan pada kesempatan kali ini supaya bermanfaat dan sanggup dijadikan materi berguru bagi teman IBI semua.


-Salam Semangat IBI-


Lihat juga materi IBI yang lainya:



Advertisement

Iklan Sidebar