'/> Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Info Populer 2022

Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam
Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam
Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya




 


 Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Report Text: Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa jenis English Text tantara lain: Descriptive, Procedure, Narative, Recount, Report, Explanation, Analytical Exposition, Hortatory Exposition ,Procedure, Discussion, Review, Anecdote, Spoof,dan News Item. Tiap teks mempunyai tujuan dan struktur teks yang berbeda. Pada Kesemptan kali ini IBI kan membahas tentang  pengertian, tujuan, ciri, generic structure, dan teladan dari  Report Text mari kita simak.






  1. Pengertian Report Text




Pada bab ini kita akan membahas ihwal pengertian Report Text. Apa yang dimaksud Report Text? Yang dimaksud dengan Report Text adalah  sebuah teks yang menggambarkan sesuatu yang pada umumnya namun faktual. Setiap teks memiliki tujuan komunikatif. Komunikatif tujuan laporan teks adalah untuk menyajikan informasi tentang sesuatu yang pada umumnya. Report Text masuk dalam genre of text yang masuk kategori descriptive, yang genre atau jenis teks yang berusaha menggambarkan sesuatu ibarat benda, manusia, tumbuhan, binatang dan lain sebagainya yang masih sangat umum. 




2. Tujuan Report Text


Tujuan komunikatif Report text ialah untuk menggambarkan ihwal sesuatu secara apa adanya yang merupakan hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis. Intinya text Report berisi fakta-fakta sebuah objek yang sanggup dibuktikan secara ilmiah. Jadi, memberi deskripsi mengenai objek. Kedua teks tersebut mencoba untuk memperlihatkan pembaca mengenai kondisi fakta dari objek yang dibicarakan tersebut. Report Text juga dikenal dengan informational report, yang secara bahasa mempunyai fungsi untuk memperlihatkan warta ihwal suatu kejadian atau situasi, sesudah diadakannya pemeriksaan dan melalui banyak sekali pertimbangan. Intinya, di dalam Report Text biasanya berisikan fakta-fakta yang sanggup dibuktikan secara ilmiah.




3.  Ciri-ciri Report Text



  • Berisi fakta-fakta ilmiah tersebutlah, maka report text didominasi oleh simple present tense.

  • Judulnya akan terlihat umum, ibarat Playing Football dan bukan Manchester Football Club.

  • Disertai gambar, data statistik berupa diagram atau peta untuk meyakinkan bahwa hasil penelitiannya dilakukan secara ilmiah.

  • Menggunakan pola kalimat Simple Present Tense

  • Menggunakan kata benda umum (general nouns)

  • Menggunakan kata kerja yang saling berafiliasi (relating verbs)

  • Terdiri dari sebuah objek ditambah objek ihwal alam lainnya.

  • Menjelaskan kelompok atau aspek umum, bukan individu secara khusus.

  • Menggunakan conditional logical conjunction; when, so, etc.




4. Generic Structure Report Text



  • General Clasification (Klasifikasi umum) : Pernyataan umum yang membuktikan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.  menyatakan pembagian terstruktur mengenai aspek umum hal: hewan, kawasan umum, tanaman, dll yang akan dibahas secara umum.



  • Description (keterangan) : tells what the phenomenon under discussion ; in terms of parts, qualities, habits or behaviors; Pada bab ini biasanya memperlihatkan citra fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya ialah penjabaran dari pembagian terstruktur mengenai yang disajikan dengan ilmiah. Bagian ini menggambarkan hal yang akan dibahas secara rinci: bab per bagian, adat-istiadat atau perbuatan untuk makhluk hidup dan penggunaan bahan.




5. Contoh Report Text


The Eiffel Tower


 Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya Report Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
contoh Report Text

The Eiffel Tower is a wrought iron lattice tower on the Champ de Mars in Paris, France. It is named after the engineer Gustave Eiffel, whose company designed and built the tower. Constructed in 1889 as the entrance to the 1889 World’s Fair, it was initially criticized by some of France’s leading artists and intellectuals for its design, but has become a global cultural icon of France and one of the most recognisable structures in the world. The tower is the tallest structure in Paris and the most-visited paid monument in the world: 6.98 million people ascended it in 2011.[The tower received its 250 millionth visitor in 2010.


The tower is 324 metres (1,063 ft) tall, about the same height as an 81-storey building. Its base is square, 125 metres (410 ft) on a side. During its construction, the Eiffel Tower surpassed the Washington Monument to become the tallest man-made structure in the world, a title it held for 41 years until the Chrysler Building in New York City was built in 1930. Due to the addition of the aerial at the top of the tower in 1957, it is now taller than the Chrysler Building by 5.2 metres (17 ft). Not including broadcast aerials, it is the second-tallest structure in France, after the Millau Viaduct.


The tower has three levels for visitors, with restaurants on the first and second. The top level’s upper platform is 276 m (906 ft) above the ground, the highest accessible to the public in the European Union. Tickets can be purchased to ascend by stairs or lift (elevator) to the first and second levels. The climb from ground level to the first level is over 300 steps, as is the climb from the first level to the second. Although there is a staircase to the top level, it is usually only accessible by lift.


 


Terjemahan


Menara Eiffel




Menara Eiffel adalah kisi tempa besi menara di Champ de Mars di Paris, Perancis. Dinamai setelah insinyur Gustave Eiffel, perusahaan yang dirancang dan dibangun menara. Dibangun pada tahun 1889 sebagai pintu masuk ke pesta Sedunia 1889, itu awalnya dikritik oleh beberapa seniman dan cendekiawan Perancis terkemuka untuk desain, tetapi telah menjadi ikon budaya global Perancis dan salah satu struktur yang paling dikenal di dunia. Menara tersebut adalah struktur tertinggi di Paris dan monumen dibayar paling sering dikunjungi di dunia: 6,98 juta orang naik itu pada 2011. [Menara menerima dengan 250 juta pengunjung di tahun 2010.

Menara ini setinggi, tentang ketinggian yang sama sebagai sebuah bangunan bertingkat 81 324 meter (1.063 ft). Basis persegi, 125 meter (410 kaki) di samping. Selama konstruksi, Menara Eiffel melampaui Washington Monument menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia, gelar itu diadakan selama 41 tahun hingga Chrysler Building di New York City dibangun tahun 1930. Karena penambahan udara di bagian atas menara pada tahun 1957, sekarang lebih tinggi daripada Chrysler Building 5,2 meter (17 kaki). Tidak termasuk antena siaran, itu adalah struktur tertinggi kedua di Perancis, setelah Jembatan Millau.

Menara ini memiliki tiga tingkat bagi pengunjung, dengan restoran pada hari pertama dan kedua. Tingkat atas atas platform adalah 276 m (906 kaki) di atas tanah, tertinggi diakses masyarakat di Uni Eropa. Tiket dapat dibeli untuk naik dengan tangga atau mengangkat (Lift) ke tingkat pertama dan kedua. Naik dari tingkat dasar ke tingkat pertama adalah langkah-langkah yang lebih dari 300, seperti naik dari tingkat pertama ke kedua. Meskipun ada tangga ke tingkat atas, hal ini biasanya hanya dapat diakses dengan lift.



 




Demikian klarifikasi ihwal Report Text: Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


“Ilmu ada hanya untuk menemukan dan memberikan kebenaran”

-Robert Maynard Hutchins-


– Semangat Belajar Sahabat Setia IBI 🙂 –




 


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar