'/> Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

Info Populer 2022

Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya
Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

 Pengertian Appetizer,  Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya




Halo teman IBI …


Dalam table manner ada tata atau urutan makan yang baik dan benar. Urutannya yaitu hdangan pembuka, hidangan utma dan hiangan epilog atau nama kerenya  Appetizer,  Main Course, Dan Dessert. Nah pada kesempatan kali ini IBI akan membahas perihal ketiga urutan tersebut. Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.


ada tata atau urutan makan yang baik dan benar Pengertian Appetizer,  Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya
Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya





  • Appetizer




Appetizer yaitu hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil, atau hidangan pembangkit selera makan/makanan pemula sebelum maincourse. Appetizer berfungsi merangsang nafsu makan sebelum hidangan utama dinikmati.


Contoh kuliner pembuka



  1. Cold Appetizer

    Yaitu hidangan pembuka yang disajikan secara hambar atau segar.

    Contoh: Fruit salad, Vegetable salad, Coctail

  2. Hot Appetizer

    Yaitu hidangan pembuka yang melalui proses pemasakan, disajikan dalam keadaan panas.

    Contoh: Croquette, Risoles






  • Main Course




Makanan utama(main course)adalah hidangan pokok dari suatu susunan sajian lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch maupun dinner, ukuran porsinya lebih besar dari appetizer.


Contoh Main Course



  1. Lauk pauk hewani yang dihidangkan pada main course menyerupai daging, ikan, unggas, dan sea food yang diolah dengan majemuk cara dan menghidangkanya dengan saus dan besar porsinya berkisar 175gram s.d gram.

  2. Sayur yang dihidangkan pada main course ialah sayuran continental. Pada umumnya menyerupai buncis, bunga kol, lobak putih, brocoli, dan lainya dan besarnya yaitu 75gram.

  3. Kentang maupun penggantinya menyerupai macam-macam pasta yang dihidangkan dengan roti / roll yang besar porsinya 75gram. Untuk nasi kadang juga mengganti kentang dengan lauk-pauk yang sesuai.






  • Dessert




Hidangan epilog (dessert) yaitu hidangan yang disajikan sehabis hidangan utama (main course) sebagai hidangan epilog atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course dan berasa bagus atau disebut sweet.


Contoh Dessert


1. Hidangan Penutup Dingin (Cold Dessert)


Adalah dessert yang disajikan pada suhu dingin. Walaupun disajikan pada suhu hambar tidak menutup kemungkinan proses pengolahannya melalui proses pemanasan sebelum disajikan secara dingin, dengan memasukkan ke dalam almari pendingin.  Penyajian dessert dalam suhu hambar harus benar-benar disajikan pada suhu hambar tak terkecuali alat hidangnya. Contoh:Ice Cream, Pudding, Mousses, Fruit Pie, Cake dan lain sebagainya.


2. Hidangan Penutup Panas (Hot Dessert)


Adalah dessert yang disajikan pada temperatur panas atau hangat.S esuai dengan namanya hot dessert maka proses balasannya harus dipanaskan terlebih dahulu. Penyajian hot dessert harus benar-benar panas atau hangat termasuk alat hidang yang dipergunakan harus dipanaskan dahulu. Contoh:Banana Flambé, Apple Pie, Souffles.




Demikian materi yang sanggup IBI sampaikan, agar sanggup bermanfaat dan dapt ddijadiakan materi berguru bahasa Inggris teman IBI semua.


Jangan Lupa Makan ya Sobat IBI..


Referensi IBI lainnya:



 


Advertisement

Iklan Sidebar