'/> Pengertian, Penggunaan Dan Pola Orthography, Etymology, Syntax Dalam Tata Bahasa Inggris

Info Populer 2022

Pengertian, Penggunaan Dan Pola Orthography, Etymology, Syntax Dalam Tata Bahasa Inggris

Pengertian, Penggunaan Dan Pola Orthography, Etymology, Syntax Dalam
Tata Bahasa Inggris
Pengertian, Penggunaan Dan Pola Orthography, Etymology, Syntax Dalam
Tata Bahasa Inggris

English Grammar: Definisi, Penggunaan Dan Contoh Orthography, Etymology Dan Syntax Terlengkap Dalam Tata Bahasa Inggris


 


Belajar bahasa yaitu salah satu hal yang menyenangkan dan sangat menguntungkan. selain kita mendapat kesenangan dan enjoy kita juga akan mendapat ilmu yang kelak akan kita petik manfaatnya. begitupun dalam berguru bahasa inggris kita akan selalu merasa tertantang. “it’s very challenging”. alasannya yaitu dalam bahasa inggris selalu ada materi-materi yang menarik dan unik


Lantas bagaimana akhirnya jikalau kesenangan atau semangat berguru kita terhambat alasannya yaitu kita tidak mengerti suatu bahan dan sulit untuk dipahami. menyusun kata misalnya. kita tidak bisa menyusun kata- kata untuk menjadi sebuah kalimat utuh. kareana kita belum tahu apa saja komponennya, bagaimana cara penyusunannya dll.


Kali ini admin akan menyebarkan ilmu kepada sobat IBI semuanya, perihal bagaimana cara menyusun kata-kata menjadi kalimat utuh dll. atau dalam bahasa Inggrisnya disebut  Orthography, Etymology Dan Syntax.




 


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :





 


 Etymology Dan Syntax Terlengkap Dalam Tata Bahasa Inggris Pengertian, Penggunaan Dan Contoh Orthography, Etymology, Syntax Dalam Tata Bahasa Inggris
”  Grammar



Apa itu Orthography, Etymology dan Syntax?


Pengertian Orthography, Etymology dan Syntax


Orthography




  1. The art of writing words with the proper letters according to standard usage. seni menulis kata-kata dengan huruf-huruf yang tepat sesuai standar penggunaan




  2.  The representation of the sounds of a language by written or printed symbols. representasi suara bahasa tertulis atau dicetak simbol




  3. a part of language study that deals with letters and spelling. Bagian dari studi bahasa yang berhubungan dengan huruf dan ejaan



  4. ilmu  yang mempelajari perihal penilisan dan pengucapan huruf-huruf bahasa Inggris dengan benar.




 


Etymology


Study of the history of words, their origins, and how their form and meaning have changed over time. By extension, the term “the etymology (of a word)” means the origin of the particular word.


Etymology yaitu ilmu yang mempelajari  sejarah kata atau  asal-usul kata. dan bagaimana bentuk dan makna mereka telah berubah dari waktu ke waktu. Dengan ekstensi, istilah “Etimologi (kata)” berarti asal-usul kata tertentu


Etymolohgy yaitu ilmu yang mempelajari perihal cara penyususnan huruf-huruf yangtepat kedalam sebuah kata bahasa inggris. ada 8 kajian yang dibahas dalam etymology yaitu delapan bab penyusun kalimat atau yang sering disebut “the  8 Parts of speech”. diantaranya adalah:



Dari kedelapan Kata Diatas memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing dalam sebuah kalimat. apabila terjadi kesalahan dalam penyusunan, penempatan atau penggunaannya, maka akan terjadi kesalahan besar dalam penyusunan kalimat bahsa inggris. maka dari itu hati-hati dan pelajari benar tahapah-tahapannya.




 


Syntax


a set of rules in a language. It dictates how words from different parts of speech are put together in order to convey a complete thought.


seperangkat aturan dalam bahasa. Menentukan bagaimana kata-kata dari berbagaibagian dari pidato dimasukkan bersama-sama untuk menyampaikan suatu pemikiran yang lengkap.


Syntax yaitu salah satu cabang ilmu bahasa yang mempelajari cara penyusunan kata-kata bahasa inggris menjadi sebuah kalimat yang sempurna dan sesuai atau sanggup diktakan juga syntax sebagai bab dari tata bahasa yang mempelajari proses pembentukan sebuah kalimat.




Penggunaan dan Contoh Orthography, Etymology dan Syntax


Orthography



  1. letter ( Huruf)


Letter merupakan lambang dari bunyi atau dalam arti yang alain disebutkan bahwa letter yaitu tanda ukiran yang diucapkan atau dibunyikan. dalam orthography letter dibagi mendi 2, yaitu:



  • Small letter ( Huruf kecil)


a b c d  e f g h i  j k l m n o p q r s t u v w x y z



  • Capiatal Ltter (Huruf Besar)


A B C D  E F G H I  J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z


Ada beberapa hal yang ahrus diperhatikan dalam penggunaan capital letter, yaitu bahwa abjad besar dipakai untuk:



  1. Semua nama-nama Orang, Kota, Negara, sekolah, perusahaan serta nama-nama daerah yang lainnya, misalnya:



  • Nama Orang  : Joko , Andi, Kucai, Arwan, dll.

  • Nama Kota     : Kota agung, Wonosobo, Bandar lampung, Way tenong, New york dll.

  • Nama Negara: Indonesia, jermany, Malaysia dll.

  • Nama sekolah: Insantama, Ar Raudah, UI, UGM, STKIP.


2. Nama hari dan Nama Bulan



  • Nama hari     : Sunday, Monday, Tuesday dll.

  • Nama Bulan : january, februari, march dll.


3. Nama-ama kependekan katasebagai gelar, misalnya: BA (Bachlor of Art), Ph.D. (Doctor of Philosophy) dll.


4. Nama-nama sesuatu yang diagungkan: Alloh, Prophet, God, Lord (gelar Bangsawan) dll.


5. kata pertama dari setiap kalimat: I am a student (aku seorang siswa), they went to the doctor last Night (mereka pergi ke dokter kemarin malam) 




2. Word (Kata)


word merupakan rangkaian dari huruf-huruf yang memebentuk sebuah arti, misalnya: Love (Cinta), Get (mendapatkan) dll.


3. Syllable (Suku Kata)


Syllabe merupakan bagian-bagian dari sebuah kata yang sanggup eksklusif diucapkan, misalnya: wa-ter (air), high (tinggi), Cle-ver (pinter) dll.


Syllable sanggup dikelompokkanmenjadi beberapa jenis yaitu:



  • Monosylable (satu suku Kata)


Adalah kata-kata yang terdiri dari satu suku kata saja. misal high, smart, old ,big, etc.



  • Dis-syllable (Dua Suku kata)


Adalah kata-kata yang terdiri dari dua suku kata saja. misal; Cle-ver, Cra-zy, hap-py etc.



  • Trissyllable (tiga suku Kata)


Adalah kata-kata yang terdiri dari tiga suku kata saja. misal; Hap-py-ness, ex- pen-sive, im-por- tant etc.



  • Polysyllable (Emapt kat atau lebih)


Adalah kata-kata yang terdiri dari 4 atau lebih suku kata.  misal; a- lo- ca-tion, be-au-ti-ful etc.




Etymology


Etimology merupakan ilmu yang mempelajari perihal cara penyusunan huruf-huruf bahasa inggris yang sempurna kedalam sebuah kata bahasa ainggris. dalam etymology kata-kata bahasa inggris dikelompokkan kedalam 8 bab atau sanggup disebut “The Eight of Speech” ( 8 Bagian penyusun kalimat). 


Diantaranya adalah:



  • Noun (Kata benda)

  • Adjective (Kata Sifat)

  • Verb (Kata Kerja)

  • Pronoun (Kata Ganti)

  • Adverb (Kata Keterangan)

  • Preposition (Kata Depan)

  • Conjucntion (Kata Penghubung)

  • Interjection (Kata Seru)


Dari kedelapan Kata Diatas memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing dalam sebuah kalimat. apabila terjadi kesalahan dalam penyusunan, penempatan atau penggunaannya, maka akan terjadi kesalahan besar dalam penyusunan kalimat bahsa inggris. maka dari itu hati-hati dan pelajari benar tahapah-tahapannya..


Syntax


sahabat IBI, mungkin ini  aspek yang paling sulit untuk dipahami dan/atau disampaikan.  Jikastruktur gammar adalah dasar tata bahasa, sintaksis adalah pelajaran bernuansa kata dan frasa. jadi dalam membahas syntax kita harus fokus kata dan prase. 


“Not all birds are eagles,” is different from, “All birds are not eagles.” (The latter’s not quite true, is it?)


Penggunaan syntax bukan hanya pada penggunaan kata untuk menyusun sebuah kalimat (Syntax in sentences), tapi juga dalam beberapa penyususnan atau penulisan sastra yang dipakai untuk aksentuasi makna, menghasilkan irama puisi atau prosa semoga lebih  menarik dll.


Secara umum urutan kata kalimat bahasa Inggris adalah “Subjek + kata kerja + objek”. Dalam puisi, namun, urutan kata dapat bergeser untuk mencapai efek artistik tertentu seperti menghasilkan irama atau melodi di baris, mencapai penekanan, meningkatnya hubungan antara dua kata dll. Sintaks unik yang digunakan dalam puisi membuatnya berbeda dari prosa. Mari kita pertimbangkan contoh sintaks berikut:


In casual conversations, we can simply say, “I cannot go out” to convey our inability to go out. P J Kavanagh’s in his poem Beyond Decoration does not rely on merely stating a prosaic “I cannot go out”. Rather, he shifts the syntax and says “Go out I cannot”, which lays a much stronger emphasis on the inability to go out conveyed by the word “cannot”.


Dalam percakapan santai, kita  dapat mengatakan, “Aku tidak bisa pergi untuk menyampaikan ketidakmampuan kita untuk pergi keluar. dalam puisi P J Kavanagh Beyond Decoration tidak  hanya menyatakan “Aku tidak bisa pergi“. tapi sebaliknya, dia menggeser sintaks dan mengatakan “Keluar saya tidak bisa”, yang letak penekanannya lebih kuat pada ketidakmampuan untuk pergi keluar disampaikan oleh kata tidak”.


jadi pola yang ada pada grammar, ktika dipakai dengan syntax susunannya akan berrubah atau bergeser, dengan tujuan untuk keindahan makna dan aksentuasi makna dan maksud dari kalimat tersebut.


Ciri paling fundamental pada kalimat syntax yaitu adanya rangkaian susunan kalimat yang terdiri dari  subject (S), verb (V), and object (O) yang biasanya muncul dalam kalimat. lebih dari 85 % bahasa didunia ini selalu menempatkan subject diawal kalimat, sedangkan yang lain susunannya adalah   SVO atau SOV. dan kemungkinan susunan yang lainnya yaitu VSO, VOS, OVS, and OSV, tapi 3 jenis/model penyususnan yang terakhir itu sangat jarang digunakan.


Contoh.





























SubjectPredicate
Her friendspeaks many languages.
(finite verb speaks)
Youhave never understood it.
(finite verb have + non-finiteunderstood)


  • Andy goes to school every day. [andy (subject), Goes (Verb), To (Conjunction), school (Object), Every day (Adverb Of time)




Demikian pembahasan bahan bahasa inggris perihal Grammar: Orthography, Etymology dan Syntax, semoga apa yang admin jelaskan sanggup diterima dan dipahami, mohon maaf bila ada kekeliruan, silahkan sampaikan saran dan komentar kau terkait pembahasan ini di blog, selamat berguru ya..


_Malu Bertanya sesat dijalan_




Advertisement

Iklan Sidebar