'/> Aktivitas Senam Artistik Ii : Handstand, Tiger Sprong, Balance

Info Populer 2022

Aktivitas Senam Artistik Ii : Handstand, Tiger Sprong, Balance

Aktivitas Senam Artistik Ii : Handstand, Tiger Sprong, Balance
Aktivitas Senam Artistik Ii : Handstand, Tiger Sprong, Balance
Aktivitas Senam Artistik II : Handstand, Tiger sprong, Balance - Pada cuilan ini kita akan mempelajari keterampilan rangkaian senam artistik dengan memakai alat maupun tanpa alat disertai nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman. Nah, sesudah mempelajari cuilan ini diperlukan kalian sanggup mempraktikkan keterampilan rangkaian senam tersebut.

Senam artistik mempunyai beberapa jenis dan bentuk dari yang paling gampang dilakukan hingga mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Sebaiknya kalian melaksanakan dari gerakan yang gampang terlebih dahulu kemudian meningkat ke gerakan yang lebih sulit. Materi dalam cuilan ini akan membantu kalian untuk melaksanakan gerakan-gerakan tersebut. (Baca juga : Aktivitas Pengembangan II : Kelentukan, Kekuatan, Daya tahan, Kebugaran jasmani, Tes kebugaran, Interpretasi hasil)

Senam Ketangkasan

1 . Senam ketangkasan sanggup dilakukan tanpa alat dan dengan alat. Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat, dinamakan senam lantai (floor exercise), sedangkan senam ketangkasan dengan mempergunakan alat dinamakan senam alat.
2 . Senam ketangkasan dengan alat, ibarat peti lompat yaitu sarana untuk melatih mental dan keberanian kita untuk melompat di ketinggian dan melatih kecermatan gerakan semoga selamat dan berhasil dalam melewati rintangan tersebut.
3 . Senam ketangkasan tanpa alat atau sering disebut dengan senam lantai ibarat gerakan radschlag, hand-stand dan neckspring merupakan bentuk latihan selain untuk menguji keberanian dan kepercayaan diri juga sanggup membentuk postur tubuh yang harmonis.
4 . Setelah penguasaan semua gerakan senam ketangkasan baik dengan memakai alat maupun tanpa memakai alat sanggup dikuasai, maka sanggup kita rangkai gerakannya, semoga latihan yang dilakukan tidak cepat bosan. (Baca juga : Permainan dan Olahraga II : Bola Besar dan Kecil, Sepak Bola, Voli, Basket, Tenis Meja, Softball, Atletik, Pencak Silat)


A. Senam Lantai dengan Menggunakan Alat


Senam lantai sanggup dilakukan dengan banyak sekali rangkaian gerakan. Gerakan rangkaian senam tersebut
sanggup dilakukan dengan alat maupun tanpa memakai alat. Gerakan rangkaian senam lantai dengan memakai alat dilakukan dengan gerakan-gerakan berikut. (Baca juga : Hidup Sehat Tanpa Narkoba, Zat Adiktif, Psikotropika)

1. Lari-Lenting Kepala (di Atas Balok)-Roll Depan


Cara melaksanakan ketiga gerakan di atas sebagai berikut.

a. Mengambil awalan dengan berlari.
b. Kemudian sesudah mendekati balok pribadi melaksanakan lenting kepala secara berkelanjutan dan kontinu tanpa ada ketika berhenti.
c. Setelah tubuh kembali tegak, segera melaksanakan roll depan dan berakhir dengan perilaku berdiri. (Baca juga : Aktivitas Penjelajahan dan Penyelamatan di Pantai, Makanan Sehat)

Perhatikan gambar berikut ini!
 Pada cuilan ini kita akan mempelajari keterampilan rangkaian senam artistik dengan menggunak Aktivitas Senam Artistik II : Handstand, Tiger sprong, Balance
Gambar 1. Lari-lenting kepala-roll depan.


2. Lari-Tiger Sprong (Melompati Balok)-Handstand


Cara melaksanakan ketiga gerakan di atas sebagai berikut.

a. Mengambil awalan dengan berlari.
b. Melakukan gerakan tiger sprong dengan melompati balok.
c. Kemudian sesudah tubuh kembali tegak, segera melaksanakan handstand, dan berakhir dengan perilaku berdiri. (Baca juga : Aktivitas Air (Akuatik) I : Gaya dada, Gaya bebas, Gaya punggung, Gaya kupu-kupu, Loncat indah)

B. Senam Lantai Tanpa Menggunakan Alat


Senam lantai tanpa memakai alat sanggup dilakukan dengan rangkaian gerakan berikut ini.

1. Handstand-Putar 180o-Lenting Tengkuk


Cara melaksanakan ketiga gerakan tersebut sebagai berikut.

a. Diawali dengan posisi tubuh siap yaitu bangun menghadap matras.
b. Melakukan handstand dan berputar 180o. Pada waktu berputar, pesenam masih melaksanakan handstand.
c. Kemudian tubuh kembali tegak dan dilanjutkan dengan lenting tengkuk, berakhir pada posisi bangun tegak. (Baca juga : Aktivitas Senam Ritmik : Ritmik, Ayunan, Lompat, Langkah)

Perhatikan gambar berikut ini!
 Pada cuilan ini kita akan mempelajari keterampilan rangkaian senam artistik dengan menggunak Aktivitas Senam Artistik II : Handstand, Tiger sprong, Balance
Gambar 2. Handstand-putar 180o-lenting tengkuk.


2. Meroda-Balance-Handstand


Cara melaksanakan ketiga gerakan di atas sebagai berikut.

a. Diawali dengan posisi tubuh siap yaitu bangun menghadap matras.
b. Melakukan gerakan meroda satu kali.
c. Dilanjutkan dengan gerakan perilaku kapal terbang (balance).
d. Kemudian gerakan yang terakhir yaitu melaksanakan gerakan handstand dan berakhir dengan perilaku berdiri. (Baca juga : Aktivitas Senam Lantai : Gymnastic, Floor exercise, Neck spring, Hand spring, Voulting horse)

Menjaga Keselamatan dalam Melakukan Senam

Meskipun gerakan-gerakan senam artistik dengan memakai matras dirasa relatif aman, tapi untuk menjaga kecelakaan perlu dilakukan hal-hal berikut ini. (Baca juga : Aktivitas Pengembangan Latihan Kebugaran Jasmani : Physical Fitness, Weight training, Kekuatan, Kecepatan, Kelentukan, Daya tahan, Total fitness)

1 . Selalu mempergunakan matras, atau paling tidak lapangan berumput.
2 . Matras harus ditempatkan di atas tanah yang rata, sehingga tidak berbahaya dan tidak merusakkan matras.
3 . Letakkan matras agak jauh dari dinding untuk menghindari benturan.
4 . Demi keberhasilan dan kenyamanan matras selalu tergulung dengan ikatan di bawah.
5. Awasilah, apakah ada cuilan matras yang berlubang dan sanggup mengait jari kaki.
6 . Supaya matras lebih awet, peliharalah dengan mengulur-ulurnya.
7 . Tak satu pun siswa yang boleh melaksanakan gerakan gres atau yang berbahaya tanpa pengawasan, hingga ia benar-benar menguasainya.
8. Belajarlah tahap demi tahap, jangan melompat-lompat dari satu gerakan ke gerakan lain tanpa aturan.
9 . Siswa harus dirangsang untuk melaksanakan start sebaik mungkin, hingga mencapai tingkat keindahan sempurna. (Baca juga : Permainan dan Olahraga 1, Bola Besar dan Kecil, Atletik, Pencak Silat)


1. Apakah kependekan PERSANI?
2. Jelaskan yang dimaksud rangkaian gerakan dalam senam artistik?
3. Apakah tujuan melaksanakan gerakan guling lenting?


1. Lakukanlah gerakan lenting kepala (headspring) di atas balok dengan pemberian sahabat atau guru!
2. Lakukan gerakan lenting tengkuk di atas balok tanpa pemberian sahabat atau guru!
3. Lakukan gerakan handstand dan lenting tengkuk dengan pemberian sahabat atau guru!


1. Senam ketangkasan sanggup dibagi dalam dua kelompok, yaitu senam ketangkasan dengan memakai alat dan tanpa memakai alat.
2. Senam ketangkasan dengan memakai alat yaitu ibarat tiger sprong dan lenting tengkuk yang memakai alat balok atau peti lompat.
3. Senam ketangkasan tanpa memakai alat yaitu ibarat perilaku kapal terbang (balance), bangun bertumpu tangan (handstand), lenting tengkuk dan kepala (neck/head spring), berguling ke depan (roll depan), meroda (cartwell atau radschlag), dan lain-lain.
4. Rangkaian gerakan dalam senam artistik berupa gerakan senam artistik dilakukan menjadi satu rangkaian gerakan secara berkelanjutan atau kontinu.
Advertisement

Iklan Sidebar