'/> Contoh Dan Proses Fermentasi Alkohol

Info Populer 2022

Contoh Dan Proses Fermentasi Alkohol

Contoh Dan Proses Fermentasi Alkohol
Contoh Dan Proses Fermentasi Alkohol
Artikel Reaksi, Skema dan Contoh Fermentasi Alkohol 

Setiap reaksi dalam metabolisme memerlukan materi baku sebagi substrat awal. Nah, menyerupai telah disebutkan sebelumnya bahwa glikolisis sanggup memakai materi menyerupai karbohidrat, baik kompleks (maltosa) maupun sederhana (glukosa). Demikian juga pada fermentasi alkohol maupun asam laktat.

Pada fermentasi alkohol, piruvat hasil glikolisis akan mengalami dekarboksilasi (melepas CO2) sehingga membentuk asetaldehid. Kalian tentu masih mengingat bahwa glikolisis memerlukan NAD untuk diubah menjadi NADH, bukan? Nah, pada fermentasi alkohol ini, NADH yang dihasilkan tersebut dipakai untuk mereduksi asetaldehid menjadi etanol.

Oleh alasannya ialah itu, asetaldehid merupakan senyawa organik sebagai peserta hidrogen terakhir pada fermentasi alkohol. Perhatikan Gambar 1.1.

 memerlukan materi baku sebagi substrat awal Contoh dan Proses Fermentasi Alkohol
Gambar 1.1. Skema fermentasi alkohol.

Kalian tentunya pernah, bahkan sering mengamati terjadinya fermentasi alkohol. Dapatkah kalian menyebutkannya?

Beberapa referensi fementasi alkohol, antara lain: pada pembuatan tape singkong atau tape ketan, bir, dan minuman anggur. Beberapa organisme bersel satu yang berperan dalam fermentasi alkohol ialah ragi (khamir) dan bakteri. Saccharomyces cereviceae merupakan khamir yang berperan dalam pembuatan tape.

Alkohol merupakan hasil fermentasi larutan gula oleh khamir. Untuk mengetahui ada tidaknya acara fermentasi alkohol pada bahan, sanggup dilihat menurut gas CO2 yang dihasilkan (dilihat dari ada tidaknya gelembung udara) dan ada tidaknya alkohol yang dihasilkan (dapat dicium wangi alkoholnya).

Anda kini sudah mengetahui Fermentasi Alkohol. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Blog Nafiun. 

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.
Advertisement

Iklan Sidebar