'/> Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw

Info Populer 2022

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw
Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw




Mengajar yaitu suatu acara yang dilakukan untuk menciptakan siswa berguru dan mengakibatkan mereka dari yang tidak tahu menjadi tahu.  Terdapat banyak metode dalam pebeelajaran bahasa inggris salah satunya yaitu jigsaw. Pada kesempatan kali ini IBI akan meembahas metode pembelajaran bahasa inggris dengn memakai jigsaw.


Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw
Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw



Pengertian Jigsaw


Jigsaw berasal dari bahasa ingris yaitu gergaji ukir dan ada juga yang menyebutnya dengan istilah Fuzzle, yaitu sebuah teka teki yang menyususn potongan gambar. Pembelajaran kooperatif model jigsaw ini juga mengambil contoh cara bekerja sebuah gergaji ( jigsaw), yaitu siswa melaksanakan sesuatu acara berguru dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama.


Jigsaw yaitu sebuah model berguru kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, menyerupai yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa model ini merupakan model berguru kooperatif dengan cara siswa berguru dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat hingga dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan konkret dan bertanggung jawab secara mandiri.


Dalam model ini siswa mempunyai banyak kesempatan untuk mengemukanakan pendapat, dan mengelolah gosip yang didapat dan sanggup meningkatkan keterampilan berkomunikasi, setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan bab bahan yang dipelajari, dan sanggup memberikan kepada kelompoknya.




 Aturan Jigsaw


Tahapan penting dalam menerapkan teknik Jigsaw  di dalam kelas, yaitu:



  1. Pembagian kelompok yang berisi 5 atau 6 orang. Sangat ideal untuk kelas yang berisi 30 siswa. Kelompok awal ini sanggup dinamakan grup jigsaw.

  2. Setiap grup harus mempunyai ketua. ketua disini dapaat dipilih oeh anggota kelompok yang lain ddengan menentukan anggota yang cakap dalam berbicara.

  3. Materi di bagi menjadi 5 – 6 bagian( dibagikanuntuk setiap anggota grup).

  4. Setiap siswa di berikan satu bab dari bahan untuk dipelajari.

  5. Siswa harus diberikan waktu untuk membaca dan memahami bagiannya paling tidak dua kali.

  6. Satu siswa dari setiap jigsaw grup yang mempunyai bab bahan sama membentuk grup atau kelompok yang disebut grup jago atau expert grup. Dalam expert grup mereka diberikan waktu untuk mendiskusikan poin penting dan menyiapkan bahan yang akan mereka sampaikan pada grup awal mereka.

  7. Para siswa kembali ke grup awal atau jigsaw grup.

  8. Siswa memberikan bab bahan yang mereka diskusikan pada grup expert secara berurutan sesuai materi. Anggota kelompok yang lain sanggup bertanya pada siswa yang sedang memberikan materi.

  9. Guru mengawasi proses diskusi dan mengatasi duduk kasus yang terjadi pada grup.

  10. Kuis harus diberikan di selesai sehingga para siswa sadar acara berguru tersebut tidak hanya untuk kesenangan dan permainan tetapi juga ada evaluasi untuk proses tersebut.




Demikian bahan yang sanggup IBI sampaikan pada  kesseempatan kali ini, biar sanggup bermanfaaat  dan sanggup dijadikan bahn balajar bahasa inggris sahabat IBI semua.


-Salam Semangat IBI-


Referensi bahan IBI yang lainnya:



Advertisement

Iklan Sidebar