'/> Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Pola Kalimat Comparative Superlative Degree

Info Populer 2022

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Pola Kalimat Comparative Superlative Degree

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Pola Kalimat Comparative
Superlative Degree
Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Pola Kalimat Comparative
Superlative Degree

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Contoh Kalimat Comparative Degree Dalam Bahasa Inggris & Artinya


Hallo sahabat IBI (IlmuBahasaInggris.com), apa kabar semua? I do Hope You’re in healthy Condition, amiin.


Bertemu lagi dengan admin, untuk membuatkan ilmu, membahas tuntas bahan bahasa Inggris yang selalu kalian tunggu. Kali ini admin akan membahas bahan bahasa Inggris  tentang Comparative Degrees. Mulai dari Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus  Serta Contoh Kalimatnya. Wah tentu kalian akan bahagia sekali bukan. Selamat menyimak ya..




  Jenis Dan Rumus Serta Contoh Kalimat Comparative Degree Dalam Bahasa Inggris  Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Contoh Kalimat Comparative  Superlative Degree



Definition of Comparative Degrees (Pengertian Comparative Degrees)


Tanpa kita sadari, gotong royong kita sering memakai bentuk Comparative degree dalam komunikasi  kita sehari-hari. Misal, kita menyampaikan menyerupai ini: “ Angga lebih tinggi daripada Anggi” atau “ Bola basket sama besarnya dengan bola Kaki”,Shoofi berlari Lebih Cepat dari pada shofiya” dan seterusnya.


Dari pola kalimat diatas, Tentu kita semua sanggup mengambil kesimpulan bahwa :



  • Comparative Degree yakni sebuah Kata Sifat (Adjective) atau Kata Keterangan (Adverb) yang dipakai untuk menyatakan sebuah perbandingan, baik itu orang, Tempat, Benda atau tindakan.



  • Degrees of comparison refers to adjectives being written in different forms to compare one, two or more nouns which are words describing persons, places and things. (Degrees of comparison atau comparative degree yakni adjectives yang ditulis dalam bentuk berbeda untuk membandingkan satu, dua atau lebih kata benda, yang menjelaskan orang, daerah atau benda).   



  • Dalam English Grammar atau Tata Bahasa Bahasa Inggris, Comparative  yakni bentuk dari sebuah Adjective (Kata Sifat) atau Adverb (Kata keterangan) yang menyertakan sebuah perbandingan dari bentuk More atau Less, Greater atau Lesser.


Maksud nya adalah, ketika kita membandingkan seseorang, tempat, Benda atau sebuah perbuatan, kita akan memakai kata  More (lebih banyak) atau Less ( lebih sedikit), Greater (lebih besar) atau Lesser (lebih kurang/lebih kecil). contoh: “The computer is bigger than Mobile phone”. (komputer itu lebih besar dari hanphone). 




The Functions of Comparative Degree (Fungsi Comparative Degree)


Berikut yakni beberapa fungsi dari adverb Comparative Degree:



  1. Adverb phrase head (sebagai Inti dari frase adverb)

  2. Adjective phrase modifier (sebagai Modifier Frase Adjective)

  3. Adverb phrase modifier (sebagai Modifier Frase Adverb)

  4. Verb phrase modifier (Sebagai Modifier Frase Verb)

  5. Adjunct adverbial (sebagai kata keterangan adverb)

  6. Disjunctive adverbial (sebagai pemisah adverb)

  7. Conjunct adverbial (sebagai kata Penghubung adverb)




Kinds of Comparative Degrees ( Jenis- Jenis Comparative Degree)


Degree of Comparation atau tingkat perbandingan terbagi kedalam tiga jenis atau tingkatan yang masing-masing mempunyai turunan menyerupai berikut ini:


Positive Degree



  • Equality Degree (Tingkat Perbandingan yang sama)


Equality Degree yakni tingkat perbandingan yang dibuat dengan adjective atau adverb dalam bentuk positif yang menunjukkan 2 orang atau benda mempunyai kualitas yang sama.


example. Indra is as tall as indri (Indra sama tingginya dengan indri)



  • Inequality Degree (Perbandingan yang tidak sama)


Inequality Degree Adalah tingkat perbandingan yang dibuat dengan adjective atau adverb dalam bentuk positif yang menunjukkan 2 orang atau benda mempunyai kualitas yang tidak sama.


Example. Agus is not as so fast as gito. (Agus tidak secepat gito)




Comparative Degree



  • Progressive degree (Perbandingan bertingkat)


Progressive degree yakni tingkat perbandingan yang membandingkan 2 adjective atau adverb dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa salah satu dari adjective atau adverb  mengalami kemajuan dan sebaliknya adjective atau adverb yang lainya mengalami penurunan (kualitas, kuantitas dll). untuk mengetahui atau membentuk pola perbandingan ini kita harus meletakkan definite article ” The” sebelum  adjective atau adverb.


Example : The Longer article, the more difficult to be understood.  (artikel yang lebih panjang, lebih sulit untuk dipahami)



  • Parallel Degree (Perbandingan yang setara/sama)


Parallel Degree yakni tingkat perbandingan yang menjelaskan ihwal kualitas atau kuantitas adjective atau adverb yang terus meningkat atau menurun pada waktu yang bersamaan.


untuk membentuk pola kalimat Parallel Degree ini sangat sederhana, yaitu hanya dengan mengulang adjective atau adverb dengan memakai kata penghubung ” And”.


Example : the day are getting hotter and hotter. (Hari menjadi semakin lebih panas dan lebih panas)




Positive Degree (Perbandingan Setara)


Rumus:


as + positive + as

no less + positive + than


not more + positive + than


Tingkat perbandingan yang pertama ini merupakan modifikasi dari sebuah adverb yang menunjukkan perbandingan positif atau setara.


Positif Degree juga biasanya identik dengan susunan adverb yang ada dalam kamus. Perhatikan Contoh berikut ini:



  • He accidentally performed well on the physical fitness exam. (secara tidak sengaja ia tampil dengan baik pada ujian kesehatan fisiknya)

  • Rima is as smart as Dafi ( Rima sama pintarnya dengan dafi)

  • Jakarta is as crowded as Bandar Lampung. (Jakarta sama sesaknya dengan Bandar Lampung)


Oh ya Perlu kalian ingat bahwa semua adverb mempunyai bentuk comparasi positif.




Comparative Degrees (Perbandingan Bertingkat)


Rumus:


Comparative + than


Pada Tingkat perbandingan yang kedua ini, kita akan membandingkan dua orang, benda, daerah atau tindakan yang berbeda. Nah untuk menyatakan perbandingan sesuatu yang lebih (lebih banyak, tinggi, besar dll.) kita memakai adverb MORE.


Walaupun memang, ada  beberapa adverb yang tidak memakai more, tapi hanya akhiran -er, sebagai pola kata hard, fast, Low dll.  Dan ada Beberapa adverb yang mempunyai bentuk irregular comparative, seperti well dan better atau badly dan worse. Perhatikan baik-baik pola dibawah ini :



  • Adam arrives at home earlierthan Ahdan (Adam datang di rumah lebih awal  dari pada ahdan)

  • Sinta drives more carefullythan Jojo. (Sinta menyetir lebih hati-hati daripada Jojo)

  • Gibran treats his baby brother more nicely.(Gibran merawat bayi saudaranya dengan lebih baik/ramah)


Perlu diingat bahwa : Adverb yang berfungsi sebagai adverbials seperti howeverbut, dan although tidak ada bentuk comparativenya. Jangan lupa ya..




Superlative Degree (Perbandingan Tingkat Paling)


Rumus:


S1 + Tobe + adverb + est + S2 


Dalam bentuk perbandingan yang ke tiga ini kita akan membandingkan tiga orang, benda, daerah dan perbuatan atau lebih. Pada superlative ini untuk menyatakan sesuatu yang paling mempunyai keunggulan/ kelebihan dibuat dengan menambahkan adverb most pada frase adverb.


Tapi untuk adverb  berikut ini yaitu hardfast, dan early kita harus menambahkan akhiran –Est pada adverbnya. Harus diingat juga bahwa ada beberapa adverb yang mempunyai bentuk irregular comparative menyerupai pada well dan best atau badly dan  worst. Contoh :



  • He goes to school earliestof all the Students. (Dia berangkat sekolah paling awal dari semua siswa).

  • Soap kills germs most efficientlyin warm water. (sabun yakni pembunuh basil paling efesien di air hangat)

  • Of all the students in the class, Arwan studies hardest. (Dari semua siswa yang ada didalam kelas, arwan yang paling ulet belajar).




 


Berikut yakni beberapa adjectives yang tidak sanggup dipakai dalam bentuk comparative maupun superlative. catat ya..


 Absolute, adequate, chief, complete, devoid, entire, fatal, final, ideal, impossible, inevitable, irrevocable, main, manifest, minor, paramount, perpetual, preferable, principal, stationary, sufficient, unanimous, unavoidable, unbroken, unique, universal, whole




Demikian Pembahasan bahan Bahasa Inggris kali ini, supaya sanggup kalian pahami dan praktikkan, silahkan sampaikan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan blog ini, selamat berguru ya.


-Belajar dimasa muda akan lebih gampang mengerti, daripada berguru dimasa tua-


<    Struggle..!!   >




Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar