'/> Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming

Info Populer 2022

Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming

Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming
Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming

 Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming 




Gagasan atau ide ialah istilah yang digunakan baik secara terkenal maupun dalam bidang filsa Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming
Pengertian, Jenis, Dan Penggunaan Brainstorming

Halo teman IBI…


Gagasan atau ide ialah istilah yang digunakan baik secara terkenal maupun dalam bidang filsafat dengan pengertian umum “citra mental” atau “pengertian”. Terutama Plato ialah eksponen pemikiran menyerupai ini.


Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas wacana salah satu alat untuk mengeluarkan ide, yaitu brainstorming. Apa iitu brainstorming? pribadi saja kita simak penjelasannya beriut ini.




Pengertian


Brainstorming ialah sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan Brainstorming sanggup dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi alternatif tanpa batas.


Brainstorming sanggup memberi inspirasi, memperluas wawasan, merupakan pembelajaran dalam mengambil keputusan, selain itu membuat kesetaraan dan melibatkan seluruh anggota tim. namun ketika ini Brainstorming juga sanggup dilakukan tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan, namun juga sanggup dilakukan di dunia maya atau telekonferensi dengan jarak ribuan meter.




Jenis


Terdapat setidaaknya dua jeniis brainstorming, yaitu:


Individual  Brainstorming


Individual  brainstorming cenderung menghasilkan lebih banyak gagasan. Pada kenyataannya, orang memang mendapat lebih banyak mendapat ide-ide brainstorming ketika berpikir sendiri. Sebuah eksperimen yang dilakukan oleh seorang Psikolog berjulukan Solomon Asch pada tahun 1951-1956 mengatakan hasil bahwa seseorang akan bekerja lebih baik (dan menghasilkan penyelesaian problem yang lebih akurat, jikalau diperlukan) jikalau bekerja sendirian, dibandingkan jikalau bekerja dalam sebuah tim. Intinya sama, jikalau melaksanakan individual brainstorming kalin tentunya tidak perlu khawatir wacana kritik dari orang lain, alasannya ialah itu kalian akan lebih leluasa berbagi ide kalian. Dan tentu saja, jikalau sesudah bersusah payah berfikir dan kalian tetap tidak mengungkapkan ide kalian kepada orang lain, apa gunanya memeras otak dan berfikir panjang? Sederhananya, Individual Brainstorming ini memang memukinkan kalian mendapat banyak ide, tapi akan susah mengembangkannya alasannya ialah kalian memang harus berfikir sendiri.


Group Brainstorming


Group brainstorming menjadi lebih efektif alasannya ialah memakai semua pengalaman dan kreativitas dari anggota kelompok yang ada. Ketika salah satu anggota yang mengungkapkan ide sudah mencapai batasannya, maka anggota yang lain sanggup membantu berbagi ide tersebut. Ini semacam peta pemikiran raksasa yang terdiri dari banyak kepala. Tentu saja, kebalikan dari Individual Brainstorming, Group Brainstorming memungkinkan pengembagan ide yang lebih luas walaupun dengan sedikit ide. Karena itu, Group Brainstorming sanggup dikatakan efektif untuk menggali ide-ide secara lebih mendalam.




Penggunaan 



  1. Suspend Judgment, semua anggota tim harus menahan diri, tidak menghakimi ide, pendapat dan gagasan yang diajukan oleh anggota lain

  2. Record all Ideas, ada seseorang yang sanggup menjadi notulen, mencatat semua ide, pendapat ataupun gagasan yang diajukan, walaupun ide tersebut terdengar aneh

  3. Encourage “Piggy-backing” ideas, koordinator atau fasilitator mendorong untuk membangun ide, pendapat atau gagasan gres atau suplemen dari ide yang sudah pernah dijalankan

  4. Think out of the box, yakni mendorong untuk mengeluarkan pemikiran yang baru, tidak pengulanggan dari ide atau pendapat yang sudah ada.




Demikian yang dapaat IBI sampaikan, sseoga apa yang sudah disampaikan sanggup bermanfaat dan sanggup dijadikan materi berguru bahasa inggris bagi teman IBI  semua.


 


-Salam Semangat IBI-



Baca juga artikel IBI lainnya di:



Advertisement

Iklan Sidebar