'/> Pengertian, Macam, Fungsi Dan Referensi Obrolan Expressing Apology Dengan Referensi Soal Latihan

Info Populer 2022

Pengertian, Macam, Fungsi Dan Referensi Obrolan Expressing Apology Dengan Referensi Soal Latihan

Pengertian, Macam, Fungsi Dan Referensi Obrolan Expressing Apology
Dengan Referensi Soal Latihan
Pengertian, Macam, Fungsi Dan Referensi Obrolan Expressing Apology
Dengan Referensi Soal Latihan



English Conversation: Definisi, Macam, Fungsi Dan Contoh Dialog Expressing Apology Dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contoh Soal Latihannya


 




” Setiap anak adam (Manusia) Pasti melaksanakan Kesalahan, dan Sebaik-baik Orang yang Melakukan Kesalahan ialah Orang Yang Menyadari Kesalahanya dan Berusaha untuk tidak mengulangi kesalahannya” 


Sahabat IBI, kita semua sebagai insan tentu pernah melaksanakan kesalahan. betu betul betul. dan tentu ketika kita melaksanakan kesalahan yang mengakibatkan seseorang tidak nyaman dan terganggu bahkan mungkin terluka hatinya kita akan meminta maaf kepadanya.


 Fungsi Dan Contoh Dialog Expressing Apology Dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contoh So Pengertian, Macam, Fungsi Dan Contoh Dialog Expressing Apology Dengan Contoh Soal Latihan
Expressing Apology

Lalu bagaimana cara mengungkapkan permohonan maaf? mendapatkan seruan maaf? dalam blog ini admin akan mencoba memperlihatkan pemaparan mengenai unkapan permohonan maaf atau dalam bahasa Inggris sering Disebut Ekpressing an Apoloies.






Pengertian An Expressing Apology



Ekpressing an Apologies ialah Ekpressi atau ungkapan yang dipakai untuk:


  1. Menawarkan permintaan maaf atau alasan untuk beberapa kesalahan, penghinaan,kegagalan atau luka:




            He apologized for accusing her falsely. Dia Meminta maaf atas tuduhan falsu




        2. Digunakan sebagai pembelaan dalam pidato atau penulisan formal 


I apologize for my being mistakes. saya minta maaf atas kesalahan yang saya buat. 


3. Digunakan untuk meminta maaf atas kealahan yang dibentuk sehingga mengakibatkan seseorang tidak merasa nyaman atau tidak                          bahagia.



Cobntoh.



  •  I must apologize to Isabel for my late arrival. aku harus minta maaf kepda isabel atas keterlambatan ini.

  • I’d like to apologize for my trouble making. aku mau minta maaf atas peristiwa alam yang telah ku buat.








Macam Dan Fungsi  Expressing Apology


Berikut ialah beberapa pola ekspressi yang biasa dipakai untuk meminta maaf dalam situasi non formal:


Making apologies:



  • I do apologize for… saya sangat minta maaf atas……

  • I must apologize for… aku harus minta maaf atas ….

  • I apologize for…aku minta maaf atas ….

  • I’d like to apologize for…saya akan minta maaf atas ….

  • I am so sorry for… saya sangat mohon maaf atas ….

  • I shouldn’t have… aku seharusnya tidak…

  • I’m very sorry for / that …

  • I apologize if I …

  • I apologize for (+ ing form of verb)

  • It’s all my fault. ini semua ialah kesalahn ku.

  • I’m ashamed of…aku aib atas ....

  • Please, forgive me for… tolong maafkan saya atas ….

  • Excuse me for … maafkan saya atas ….

  • I’m terribly sorry for...Saya minta maaf atas

  • Pardon me for this… maafkan saya atas semua ini…

  • Please, forgive me for my…. tolong maafkan saya atas ….ku.

  • Please, accept my apologies for…tolong terimalah seruan maaf ku atas …..




 


Dan ini  adalah beberapa pola ekspressi yang biasa dipakai untuk meminta maaf dalam situasi  formal:





  1. Sorry.

  2. I’m (so / very / terribly) sorry.

  3. Ever so sorry.

  4. How stupid / careless / thoughtless of me.

  5. Pardon (me)

  6. That’s my fault.

  7. Sorry. It was all my fault.

  8. Please excuse my (ignorance)

  9. Please don’t be mad at me.

  10. Please accept our (sincerest) apologies.




 






1 Sorry.


Ini adalah permintaan maaf yang sangat umum, sederhana dan dibanyak situasikita dapat menggunakannya dimana dan kapan saja. namu sorry ini ialah jenis seruan maaf yang kurang berpengaruh atau bermakna kurang srius. 


Contoh.



  • when we bump into someone on the street (“Sorry!”) Ketika kita bertemu seseorang di jalan

  • when we want to get someone’s attention (e.g. to go past them on a train. “Sorry, excuse me”) Ketika kita ingin perhatian seseorang (misalnya untuk melewati mereka di kereta api. “Maaf, excuse me”)

  •  when we are sympathising with someone (e.g. “I’m sorry to hear that”)Kketika kita sympathising dengan seseorang (misalnya “Aku menyesal mendengar bahwa”)

  •  when we know we have done something wrong (e.g. “Sorry I’m late”) Ketika kita tahu kita melaksanakan sesuatu yang salah (misalnya “Maaf saya terlambat”)




 


2. I’m so / very / extremely / terribly sorry.


Hal ini mirip dengan “sorry tetapi menambahkan kata tambahan yang membuat arti lebih kuat.


 contoh.



  • I’m so sorry I didn’t come to your party yesterday. Saya sangat menyesal saya tidak datang ke pesta Anda kemarin.

  • I can’t believe I forgot the tickets. I’m terribly sorry!” Aku tidak percaya saya lupa tiket. Saya minta maaf!




 


3. How careless of me!


Frasa ini digunakan ketika kita mengkritik dirisendiri  karena membuat kesalahan.



  • “I just broke a glass, how careless of me! I’ll buy you a new one.” saya gres saja memecahkan beling itu, cerobohnya aku, saya akan menggantinyadengan yang baru.




 


4. I shouldn’t have…


Kita menggunakan ini ketika kita menyadari bahwa kita melakukan sesuatu yang kita tidak boleh melakukannya dan sekarang kita  menyesal.


contoh.



  • “I shouldn’t have shouted at you last night. I didn’t mean what I said.”seharusnya Saya tidak boleh berteriak pada Anda tadi malam. Aku tidak bermaksud dengan apa yang kukatakan semalam.”




 


5. It’s all my fault.


Kita menggunakan ungkapan ini saat kita ingin mengambil tanggung jawab untuk sesuatu.


contoh.



  • It’s all my fault we missed the train. I should have woken up earlier. Ini adalah semua salah ku sehingga kita ketinggalan kereta.seharusnya aku  bangun lebih awal.




 


6. Please don’t be mad at me.


Iini adalah frase informal yang kita gunakan ketika kita telah melakukan sesuatu yang salah dan kita tidak ingin orang lain untuk marah dengan kita.


contoh.



  • “Please don’t be mad at me but I have to cancel our plans this weekend.”Jangan marah pada saya tetapi saya harus membatalkan rencana kami akhir pekanini.”




 


7. I hope you can forgive me / Please forgive me.


Ini dipakai untuk meminta maaf kepada seseorang kerena kita sudah membuatnya kecewa.



  • I acted awfully last night and I know I embarrassed you. I hope you can forgive me.”




 


8. I cannot say/express how sorry I am.


“Ini adalah cara yang sangat kuat untuk mengatakan Maaf. Kami menggunakan ini ketika kita tahu kita melakukan sesuatu yang sangat salah dan kami tidak dapat menemukan kata yang tepat untuk meminta maaf.”


contoh.



  • I cannot express how sorry I am for telling James your secret. I had no idea he would break up with you.”Aku tidak bisa mengungkapkan betapa aku menyesal untuk memberitahu James rahasia Anda. Aku tidak tahu dia akan putus dengan Anda.”




 


9. I apologise for… / I’d like to apologise for…


Ini adalah cara yang lebih formal berkata maaf. Biasanya Anda mendengar itu di situasi formal bisnis atau email.


contoh.



  • “I apologise for the delay in replying to your email.”Saya minta maaf atas keterlambatan dalam menjawab ke email Anda.”




 


10. Please accept my (sincere) apologies.


Ini adalah cara yang sangat formal untuk meminta maaf, terutama ketika kata ‘tulus’disertakan. Hal ini biasanya digunakan dalam Surat-surat resmi.


Ingat!!


   ‘I beg your pardon …’ lebih formal dar ipada ‘Excuse me, …’ 




Selain meminta maaf ada juga ekpressi yang dipakai untuk mendapatkan seruan maaf atau memaafkan seseorang. berikut ini ialah beberapa ekpressi yang biasa digunakan:


Accepting apologies:



  • That’s all right. baiklah

  • Never mind. tidak apa-apa

  • Don’t apologize. tidak perlu minta maaf

  • It doesn’t matter. ini tidak apa-apa

  • Don’t worry about it. jangan khawatir. 

  • Don’t mention it. tidak apa-apa

  • That’s OK.itu baik-baik saja. 

  • I quite understand. aku faham

  • You couldn’t help it. aku tidak sanggup membantu

  • Forget about it. lupa tentang ini

  • Don’t worry about it. janagan khawatir

  • No harm done.Tidak ada salahnya dilakukan.


Ingat!!


“I’d like to apologize” ialah bentuk pendek dari  “I would like to apologize”








Example Dialogues ( Contoh Dialog)


Person 1: Excuse me, do you know what time it is?

Person 2: Yes, it’s two o’clock.


Person 1: I beg your pardon. Would you mind helping me a moment?

Person 2: Certainly. What can I do to help?


Person 1: I’m very sorry for stepping on your foot!

Person 2: Don’t worry about it. It’s very crowded on this train.


Person 1: I apologize for my mistakes on this quiz.

Person 2: That’s why you take quizzes – to learn!




Contoh Soal latihan Expressing Apology


Complete these apology sentences with the correct word.


1. “Please ______ me for interrupting you. I didn’t realise you were on the phone.”

2. “I can’t believe I forgot your birthday. Please don’t be ______ at me.”

3. “I’m so ______ I’m late. There was so much traffic!”

4. “Oh no, how ______ of me! Do you have a cloth so I can clean it?”

5. “We ______ for the train delay. We will get you to your destination as soon as possible.”

6. “I’m ______ but you are sitting in my seat.”




 Demikian pembahsan materi bahasa Inggris Tentang Expressing Apology, mohon maaf kalau ada kesalahan. biar bermanfaat




_People become pools when they stop asking Questions_


Arwansyah





Advertisement

Iklan Sidebar