'/> Scrabble: Pengertian Dan Hukum Permainannya

Info Populer 2022

Scrabble: Pengertian Dan Hukum Permainannya

Scrabble: Pengertian Dan Hukum Permainannya
Scrabble: Pengertian Dan Hukum Permainannya

Scrabble: Pengertian Dan Aturan Permainannya




Halo sahabat IBI..


Permainan merupakan alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya, dari yang tidak dikenali hingga pada yang diketahui, dan dari yang tidak sanggup diperbuatnya hingga bisa melakukannya. Bermain bagi anak mempunyai nilai dan ciri yang penting dalam kemajuan perkembangan kehidupan sehari-hari.


Pada kesematan kali ini IBI akan membahas perihal salah satu permainan dalam berguru bahasa inggris. Permainan apakan itu? langsug sja kita simak berikut ini.




Permainan merupakan alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya Scrabble: Pengertian Dan Aturan Permainannya
Scrabble: Pengertian Dan Aturan Permainannya

Pengertian Scrabble


Scrabble yaitu permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin menurut nilai kata yang dibuat dari keping karakter di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris).


Scrabble yaitu permainan yang menyenangkan dan memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda. Tujuan permainan ini yaitu untuk memperoleh poin terbanyak dengan menyusun huruf-huruf membentuk kata yang menyambung dengan salah satu karakter dari kata yang dibuat lawan main Anda. Untuk bermain Scrabble, Anda membutuhkan setidaknya satu lawan. Anda juga membutuhkan papan permainan Scrabble dengan semua perlengkapannya. Saat bermain, Anda akan menciptakan kata, mengumpulkan poin, menantang lawan, dan bahkan menukar karakter kalau terpaksa. Sementara itu, pencatat skor akan menghitung poin semua pemain untuk menentukan pemenang dari permainan ini.




Aturan Scrabble


Adapun beberapa hukum dalam permaina Scrabble, yaitu:


Papan Scrabble 


Sebuah papan permainan Scrabble terbuat dari sel-sel di atas kotak persegi. Lebar papan Scrabble terdiri dari 15 sel, dan tingginya juga 15 sel, sehingga keseluruhan selnya berjumlah 225. Ubin Scrabble dipasang dalam sel-sel ini, masing-masing satu ubin untuk satu sel.




Ubin Scrabble


Scrabble dimainkan dengan 100 ubin. 98 dari ubin-ubin ini terdapat karakter pada salah satu sisinya, dan ada 2 ubin kosong. Ubin kosong berfungsi sebagai wildcard (joker) untuk membantu mempermudah pembentukan kata. Ubin kosong ini bisa dipakai sebagai karakter apa saja.


Masing-masing karakter mempunyai nilai yang berbeda, tergantung pada jarangnya karakter tersebut dipakai dalam kata-kata dan kesulitan dalam memainkannya. Ubin kosong tidak mempunyai nilai apa-apa.




Nilai Huruf


Berikut yaitu nilai untuk masing-masing karakter dalam Scrabble.

0  Poin – Ubin kosong.

1  Point – A, E, I, L, N, O, R, S, T dan U.

2  Points – D dan G.

3  Poin – B, C, M dan P.

4  Poin – F, H, V, W dan Y.

5  Poin – K.

8  Poin – J dan X.

10  Points – Q dan Z.




Poin Ekstra



Beberapa kotak (sel) pada papan Scrabble mempunyai nilai kelipatan. Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai karakter pada ubin tersebut dikalikan dengan sebuah faktor, 2x atau 3x. Beberapa kotak tertentu berfungsi sebagai pengganda nilai kata secara keseuruhan, bukan hanya huruf.




Skor Huruf Dobel (x2)—sel berwarna biru muda yang tempatnya agak terpencil.  Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai karakter pada ubin tersebut dikalikan dengan dua.

Skor Huruf Triple (x3)—sel berwarna biru tua. Ubin yang ditempatkan pada kotak ini, nilai hurufnya dikalikan dengan 3.

Skor Kata Dobel—sel berwarna merah muda yang terdapat pada posisi diagonal dari keempat sudut papan. Jika salah satu karakter menyentuh kotak ini, maka nilai keseluruhan kata dikalikan dengan 2.

Skor Kata Tripel—sel berwarna merah tua. Sel berwarna merah bau tanah ini terdapat pada keempat sisi papan dengan jarak yang sama dari masing-masing sudut papan. Bila kata yang dibuat menyentuh salah satu kotak berwarna merah bau tanah ini, maka poin untuk kata tersebut dikalikan dengan 3.

Hanya Berlaku Satu Kali—poin ekstra ini hanya berlaku satu kali. Jika seorang pemain berikutnya memakai kotak-kotak tersebut pula, maka nilainya tidak lagi digandakan.




Memulai Permainan 


Masing-masing pemain mengambil salah satu ubin dari dalam kantung atau dari meja di mana ubin-ubin tersebut ditaburkan pada posisi terbaik. Pemain yang menerima karakter paling erat dengan “A” berhak memulai permainan. Kemudian huruf-huruf undian tersebut dikembalikan ke dalam kantung. Jika seorang pemain menerima ubin kosong, maka ia memenangkan undian.


Masing-masing pemain mengambil sebanyak tujuh karakter dari dalam kantung, dan menempatkannya pada rak masing-masing. Selama permainan berlangsung, masing-masing pemain mempunyai tiga pilihan: menciptakan kata, menyampaikan “pass”, atau menukar huruf. Namun biasanya kebanyakan pemain menentukan menciptakan kata. masing-masing pemain bisa menukar ubin yang ada padanya, sebagian atau seluruhnya. Jika seorang pemain memakai kesempatannya untuk menukar ubin, maka ia tidak berhak menciptakan kata. Seorang pemain bisa menyampaikan “pass” saat gilirannya. Jika semua pemain menyampaikan “pass” dua kali berturut-turut, maka permainan berakhir.




Skor Kata Pertama 


Seorang pemain memulai permainan dengan menciptakan sebuah kata yang salah satu hurufnya menyentuh kotak bertanda bintang yang terdapat di tengah-tengah papan. Tanda bintang ini sekaligus bertindak sebagai pembuat skor kata dobel (x2). Namun bagi pemain berikutnya, yang juga memakai tanda bintang tersebut, skor ini tidak berlaku lagi. Selanjutnya, giliran pemain berputar searah jarumjam.




Mengganti Ubin


Ubin yang sudah dipasang untuk menciptakan kata, lalu diganti dengan ubin yang baru, dari dalam kantung, dengan jumlah yang sama dengan ubin yang dipasang, sehingga jumlah ubin di tangan pemain tetap 7. Ketika mengambil ubin, sang pemain dihentikan melihat ubin yang akan ia ambil. Ubin biasanya ditempatkan di atas mata para pemain, sehingga para pemain disuruh merogoh ke dalam kantung dengan tanpa melihat apa yang ia ambil.




Lima puluh Bonus Poin


jika seorang pemain berhasil merangkai semua tujuh ubin yang ia punya menjadi sebuah kata, maka sang pemain diberi bonus poin sebesar 50. namun, pada selesai permainan, pemain yang berhasil merangkai semua ubin yang ada di tangannya menjadi sebuah kata, tetapi jumlahnya kurang dari tujuh ubin, sang pemain tidak diberi bonus 50.




Permainan Berakhir


Ketika semua ubin di dalam kantung telah habis dimainkan, dan salah satu pemain telah menghabiskan semua ubin yang ada di tangannya, maka permainan berakhir.




Penghitungan Skor


Setelah permainan telah berakhir, masing-masing pemain menghitung poin dari ubin yang tersisa di tangannya. Kemudian jumlah skor total yang diperoleh sang pemain dikurangi dengan jumlah poin dari ubin yang tersisa di tangannya.


Pemain yang berhasil menghabiskan seluruh ubin yang ada di tangannya diberi bonus. Jumlah poin dari ubin yang tersisa di tangan para pemain ditambahkan, lalu diberikan (ditambahkan) kepada pemain yang berhasil menghabiskan seluruh ubin di tangannya tersebut.   Pemain yang mempunyai skor selesai paling tinggi ditetapkan sebagai pemenang.




Kata-Kata yang Diterima


Jenis kata-kata yang tidak sanggup dipakai yaitu singkatan, prefiks dan sufiks. Kata-kata yang memerlukan tanda hubung atau apostrof tidak sanggup dimainkan. Kata-kata yang dieja dengan karakter kapital tidak sanggup digunakan.




Demikin yang sanggup IBI sampaikan semoa informasi  ini sanggup bermanfaat untuk sahabat IBI semua.


Salam Semangat IBI


 


Baca juga artikel IBI lainnya di:



Advertisement

Iklan Sidebar